Penyebab Cegukan dan Cara Mengobatinya | Kerozzi

Penyebab Cegukan dan Cara Mengobatinya



Penyebab Cegukan dan Cara Mengobatinya merupakan materi yang akan kerozzi bahas kali ini | Cegukan? Siapa yang tidak Pernah mengalami yang namanya Cegukan. Cegukan dialami baik Pria - Wanita, Tua - Muda bahkan Balita sekalipun mengalaminya. Hal yang sepele memang. Namun akan tetap menyebalkan jika hal tersebut berlangsung lama. Bayangkan saja ketika kita menjalani aktifitas yang seharusnya dapat berjalan lancar namun harus terkendala dengan tarikan napas kita yang menimbulkan irama berbunyi.

Cara mengobati cegukan dan penyebabnya


Lagipula, Cegukan yang berlangsung lama menandakan sesuatu yang tidak beres dalam tubuh. Karena tidak hanya menyangkut tenggorakan, tapi juga organ-organ lain. Termasuk didalamnya otot-otot diagfragma, katup di tenggorokan, dan susunan saraf pusat (otak). Serta saraf tepi. Oleh karena itu Bersama Kerozzi, yuukkzz kita ulas bersama secara rinci  apa sih penyebab cegukan dan cara mengatasinya.

Penyebab Cegukan dan Cara Mengobatinya
Dalam bahasa medis Cegukan disebut Hiccup, yang disebabkan oleh kontraksi sekat rongga tubuh  atau sering juga disebut diagfragma, yang terjadi secara mendadak. Kontraksi ini menimbulkan tarikan napas yang diakhiri secara refleks oleh tertutupnya lubang di antara kedua pita suara yang tentunya dapat menimbulkan suara khas waktu cegukan. Kejadian ini dapat timbul satu kali namun  dapat pula berupa rangkaian yang tak dapat dikendalikan.

Pada cegukan, saat menarik napas, terjadi kontraksi atau kram pada otot diafragma dan otot otot antara tulang iga. Akibatnya, keduanya akan naik. Pada saat bersamaan, epiglottis (katup/klep di tenggorokan) pun tertutup, sehingga udara dari diagfragma yang naik ke atas akan menekan klep ini. Akibatnya, terjadilah cegukan

Tertutupnya katup atau epiglotis ini terjadi karena adanya gangguan di lengkung refleks, yaitu pada susunan saraf pusat dan saraf tepi. Kedua saraf ini mengatur jalur pernafasan dalam tubuh manusia agar berjalan lancar. Tertutupnya klep ini bukan merupakan kelainan susunan saraf pusat atau saraf tepi, namun merupakan respon dari keduanya yang terganggu.

Dan Oleh karena saraf tepi berukuran panjang dan saling berhubungan dengan organ-organ didalam tubuh, maka terkadang aktivitasnya terganggu oleh penyakit yang serius. Sehingga perlu diwaspadai bahwa cegukan dapat menjadi gejala adaya radang di perut, penyakit di ginjal, masalah hati atau tumbuhnya tumor di leher yang mengganggu saraf hingga kemudian mengirim respon sehingga muncul cegukan.

Cegukan dapat berlangsung selama  hitungan beberapa menit  atau bisa juga berlangsung hingga 1-2 jam yang kemudian akan hilang sendiri.. Hal ini tergolong dalam kategori cegukan ringan. Penyebabnya ialah adanya regangan dilambung, perubahan suhu pada perut yang diakibatkan oleh makanan yang panas kemudian dingin, minum alcohol, merokok dan juga karena Stres.

Sedangkan Pada cegukan permanen, cegukan terjadi secara terus menerus selama berhari-hari, berbulan-bulan bahkan selama bertahun- tahun. Cegukan yang seperti ini merupakan gejala adanya gangguan diotak seperti gejala stroke, gejala tumor dibatang otak. Dan selain itu juga Cegukan dapat diakibatkan  oleh gangguan metabolik seperti pada penderita diabetes
dan hipertensi. Atau penderita kelainan ginjal, karena urenia. Juga karena
gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti
steroid atau obat tidur.

Dan Berikut  adalah Tips – tips ringan yang dapat dilakukan untuk mengobati cegukan sementara waktu, diantaranya ialah:




1. Minum  air hangat
2. Tarik dan buang napas dalam kantong tertutup selama ±1 menit.Lakukan berulang – ulang dan pastikan kantong tertutup rapat tanpa celah. Hal ini dimaksudkan agar kadar CO² dapat meningkat sebab menurunnya  CO² dalam darah juga dapat menyebabkan cegukan.
3. Makan 1 sendok  gula pasir atau madu. Hal ini diduga karena gula atau madu dalam mulut dapat mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang akan mengganggu lengkung reflex cegukan
4. Dan terakhir yang terbukti efektif dilakukan ialah menahan napas selama mungkin dengan kepala tengadah keatas.

Demikian artikel Penyebab Cegukan dan Cara Mengobatinya  yang dapat dibagi oleh kerozzi pada kesempatan kali ini. Semoga dapat membawa manfaat. Selamat mencoba!!!! da jangan lupa bagi yang ingin tahu cara mengobati gusi bengkak silakan lihat di Cara Sehat Pengobatan Gusi Bengkak
Share this article :

26 comments:

  1. Wah mau praktek kagak cegukan.. Gmn coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha.. tunggu aja sampai datang cegukannya

      Delete
    2. No 4 efektif thank,s

      Delete
    3. kalau cecegukannya dlm satu hari berulang-ulang terus dan dalam kurun wktu yg lama itu pnyebabnya apa ya? trimakasih

      Delete
    4. Nomor 4 memang efektif karena biasa saya terapkan. untuk mbak siska, silakan tanya dokter saja, soalnya seperti tidak wajar begitu ya

      Delete
  2. wahhahah. cara no 4, sekali coba langsung sembuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini memang cara yang sudah saya coba sendiri setiap kali cegukan
      :D

      Delete
    2. Terima kasih banyak ya bu,,ternyata berhasil
      editrongtong@yahoo.co.id

      Delete
  3. pke cara 4 langsung smbh euy.alhmdllh....mksh ya postingannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang itu cara yang saya dapat dari pengalaman khusus nomor 4
      :D

      Delete
    2. cara nmr 4 ajaib bgt,lgsg ilang cegukannya...makasih ya postingnya :)

      Delete
    3. Alhamdulillah ya kalau berhasil, pengalaman sendiri mbak

      Delete
  4. Gw kadang sering cegukan. Dan cara yang gw lakukan selama ini selalu berhasil (untuk gw sndr). And, to the point aja ya ke caranya:

    >> Atur napas (pendek2 atau panjang2) dengan konsentrasi penuh sampe cegukannya bs berhenti lebih dari 15 detik dan teruskan atur napasnya sampe kira2 gak cegukan selama 1 menit. Nanti cegukannya berhenti. Tapi kalau ketawa atau menguap dan sejenisnya yg bisa menarik otot tenggorokan, cegukan bs muncul lg. Jadi harap santai ketika cegukan sudah berhenti

    Mudah?
    Tentu tidak.
    Kadang lg cegukan ditengah pasar yg rame. Selama ini klo situasi gitu, diatur napas gmn jg tetep ga bs berhenti cegukannya klo ga konsen. Apalg klo diajak ngomong.
    Kalo situasinya gitu, cari tempat yg bisa sandar atau berdiri tenang supaya bs konsentrasi full dan jalankan cara atur napas tadi

    Semoga berhasil juga untuk kalian (⌒▽⌒)

    ReplyDelete
  5. Cara nomor 4 tahan napas selamanya??????? Mksdx???

    ReplyDelete
  6. tetap ,, mungkin sudah tingkat dewa ni cekukan ku ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa' sudah sangat parah??
      coba saja atasi cegukannya dengan cara no 4, tengadahkan kepalanya

      Delete
  7. hore,,,, alhamdulillah q berhasilpakai cara ke 2,soalnya cara ke 4 gak berhasil,tadinya serem juga sih bermain-main dengan CO2,tapi setelah dicoba alhamdulillah gakpapa..


    thanks ya... zida.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama sama bang darsim, alhamdulillah sudah berhasil, tiap orang emang beda perlakuan untuk penyembuhannya. jadi ya dicoba satu satu akhirnya :D

      Delete
  8. Minum air sambil lubang telinga dua-duanya ditutup sama jari tangan....

    ReplyDelete
  9. Matur nuwun mbak..... cara 4 langsung berhenti

    ReplyDelete
  10. kalo dah lebih dari tiga hari kira" apa ya yg akan terjadi... makasiih

    ReplyDelete
  11. Kl sy tak buat sujud agk lama.selAma sujud tsb kayak ada proses udara yg keluar dr mulut.langsung sembuh.

    ReplyDelete

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Iklan Kami

iklan sampai 4 Mar 14

Saya membuka Jasa Seo Untuk segala Website atau Bisnis Anda. Info lebih lanjut mengenai Harga, silakan Hubungi di :
ID YM : andielavioza
Inbox FB : www.facebook.com/lavioza
ID KakaoTalk : andieshinigami

Terima kasih

Nb : Terbatas Untuk Beberapa Web saja

Sponsored by


 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger