Perbedaan pasar monopoli, Monopolistik, Monopsoni, oligopoli, persaingan sempurna | Kerozzi

Perbedaan pasar monopoli, Monopolistik, Monopsoni, oligopoli, persaingan sempurna


Perbedaan pasar monopoli, Monopolistik, Monopsoni, oligopoli, persaingan sempurna | Assalamualaikum . perbedaan ini ditulis Kerozzi meliputi dari pengertian, ciri, keburukan, kebaikan dan conproduk dalam pasar. Silakan disimak dengan baik



Nama             : Nur Mazidah
NIM                : 122010300***
Fakultas        : Ekonomi – Akuntansi SA 1
Universitas   : Muhammadiyah Sidoarjo

No
Perbedaan
Bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar monopoli
Pasar monopolistik
Pasar monopsoni
Pasar oligopoli
Pasar persaingan sempurna
1
Pengertian
Bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal


Bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama



.
Pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal
Bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak
2
Ciri-ciri
1. Terdapat satu penjual
2. Harga ditentukan penjual (monopoli)
3. Perusahaan lain sulit memasuki pasar
4. Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
5. Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
1. Jumlah penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
2.Barang yang dijual berbeda corak
3.Penjual/produsen harus aktif beriklan
4.Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
5.Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga
1. Hanya ada satu pembeli
2. Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
3. Barang yang dijual merupakan bahan mentah
4. Harga sangat ditentukan pembeli
1.Terdapat beberapa penjual
2.Barang yang dijual homogen atau beda corak
3.Sulit dimasuki perusahaan baru
4.Membutuhkan peran iklan
5.Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
6.Harga jual tidak mudah berubah

1. Jumlah penjual dan pembeli banyak
2. Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
3. Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
4. Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
5. Posisi tawar konsumen kuat
6. Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
7. Sensitif terhadap perubahan harga
8. Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar

3
Kebaikan
1.Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
2.dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
3.Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
4.Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten



1.Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
2.Memberi kepuasan lebih pada pembeli karena ada persaingan penjual
3.Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
1.Kualitas produk lebih terpelihara
2. Penjual akan hemat dalam biaya produksi
1.Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
2.Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
3.Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual
4.Adanya penerapan teknologi baru
1.Persaingan sempurna memaksimumkan efisiensi
2. Kebebasan bertindak dan memilih
3. Masyarakat merasa nyaman dalam mengkonsumsi (produk yang homogen) dan tidak takut ditipu dalam kualitas dan harga.
4
Keburukan
1.Perusahaan lain sulit memasuki pasar
2.Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
3.Jumlah produk tergantung monopolis
4.Monopolis umumnya bertindak boros
5.Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
1.Masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna
2.Bagi perusahaan yang kecil, tingkat efisiensinya relatif rendah
3.Kurang efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil
1.Pembeli bisa seenaknya menekan penjual
2. Produk yang tidak sesuai keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang
1.Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2.Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3.Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4.Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5.Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6.Bisa berkembang ke arah monopoli



1. Persaingan sempurna tidak mendorong inovasi
 2.Persaingan sempurna adakalanya menimbulkan biaya sosial
3. Membatasi pilihan konsumen
4.Biaya dalam pasar persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
5. Distribusi pendapatan tidak selalu rata
5
Contoh Produk
microsoft windows, perusahaan listrik negara (PLN), perusahaan kereta api (PT.KAI)
makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku
pabrik susu Nestle.
industri semen diIndonesia, industri mobil di Amerika Serikat
beras, gandum, batubara, kentang


Sekian dari saya artikel Perbedaan pasar monopoli, Monopolistik, Monopsoni, oligopoli, persaingan sempurna, semoga membantu semua. Wassalamualaikum.

Mau menjadikan artikel diatas sebagai referensi?? Silakan Download dengan klik dibawah ini..
DOWNLOAD Pengantar Ekonomi Mikro Teori Biaya Produksi

Cara Downloanya :
1. Klik tulisan Download diatas 
2. Setelah muncul web adfly, tunggu 5-10 detik sampai keluar tulisan "LEWATI" atau "SKIP AD" (lihat kanan atas halaman tersebut)
3. Klik Lewati atau Skip AD itu
4. Tunggu sebentar dan Klik "Generate Link" dan proses mengunduh akan dimulai
Share this article :

62 comments:

  1. gambar tidak bisa di copas

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar mana??
      kalau isi yang tidak terlihat itu bisa di copas lengkap,
      copas saja dari atas sampai bawah artikel ke Microsoft Office baik word maupun Excel

      Delete
    2. Iya bener, ga bisa dicopas ataupun dilihat sepenuhnya.... :D

      Delete
    3. Bisa, kalu dilihat sepenuhnya dari posting ini tidak bisa,
      kalau lewat hape bisa..

      untuk copy yang tidak bisa terlihat sempurna, silakan anda memaakai layout lanscape.. bukan potrait, karena ini bentuknya menyamping

      Delete
    4. Gimana caranya ?

      Delete
    5. untuk copy, 1. buka dahulu ms. word
      2. atur mode pagelayoutnya jadi landscape
      3. buka lagi halaman artikel ini
      4. taruh kursor diatas nama. kemudian tahan dan geser (drag) sampai melewati batas kotak bawah.
      5. pastekan di ms word tadi.

      Delete
    6. Masalah di tampilan cah ayu...? Itu sidebar termasuk kolom iklannya malah ngeganggu. Mending layout keseluruhan dirubah deh, biar tampilan web lebih fleksibel, pengunjung lebih merasa nyaman, trus betah berlama-lama disini. Ok?
      Selebihnya sih oke bingits...

      Delete
  2. bermanfaat sekali ini, perbedaan pasar monopolinya

    ReplyDelete
  3. kok aku malah sama aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa perbedaan mendasar dalam pasar pasar tersebut sob

      Delete
    2. mba artikel tidak bisa saya copy..
      ada cara lain tidak?
      bisa kirim email ke saya saja ke rasyidridha.indonesia@gmail.com
      artikel ini buat referensi tugas mba.
      terima kasih

      Delete
    3. iya, untuk sampai akhir bulan ini, artikel saya saya lindungi dari copas blog lain
      jika blog yang lain yang copas tersebut sudah terhapus google, saya akan membebaskan orang lain mengcopy materi disini sebagai review dan referensinya..

      oke sob, sudah saya kirim via email perbedaan pasarnya

      Delete
    4. mba sudah saya terima artikelnya, terima kasih banyak mba

      Delete
    5. Assalamu'alaikum. Mba Zida Saya juga boleh ya minta dikirimin ke email sebagai bahan referensi juga. email Saya kurniawanr94@yahoo.co.id

      Delete
    6. waalaikumsalam, sudah saya kirim bang di email tersebut

      Delete
    7. saya sekalian mbak,
      m.ilmizikrifirdaus@yahoo.co.id
      sebelumnya terima kasih mbak :)

      Delete
  4. mba boleh minta artikel nya gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan kirim alamat email disini mbak

      Delete
    2. ke aku juga sis, fitria.bontang@gmail.com

      Delete
  5. mbak , minta artikelnya dong. kirimin ke ikbal_cyber@yahoo.com buat tugas ekonomi

    ReplyDelete
  6. maaf mbak zida, sya boleh minta artikelnya? Minta tolong dikirim ke email saya mpoett@gmail.com.. saya butuh untuk referensi tugas saya mbak. terima kasih

    ReplyDelete
  7. mbak zida, kalau boleh saya mau minta artikelnya. tolong di kirim ke alamat email saya
    Linandosaputra@yahoo.co.id
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya kirim bang, silakan cek email

      Delete
    2. asslm.. mbak minta artikel nya juga untuk referensi tugas saya, ke email ravy110995@gmail.com
      terimakasih..

      Delete
    3. asslm, kalau berkenan minta artikel nya mbak zida sebagai referensi tugas saya ke cipta1510@gmail.com terimakasih

      Delete
    4. Waalaikum saam, wah emailnya ada 2 ya? untuk file perbedaan pasar sudah saya sediakan link downloadnya, silakan lihat dan klik di akhir artikel saya diatas
      terima kasih

      Delete
  8. asslm, kalau sya bleh minta artikelnya, krim ke fachrie88@gmail.com,
    tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan diDownload saja ya, sudah bisa didownload perbedaan pasarnya

      Delete
  9. mbak, minta dikirim juga ya ke email saya pratiwipujie@gmail.com. terimakasih

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum... maaf saya ngga bisa download linknya, tolong kirimin k oriesseiro@yahoo.co.id yaa buat referensi paper ekonomi makasiih banyak :)

    ReplyDelete
  11. waalaikum salam.. maaf ya untuk mbak mbaknya, linknya bisa di download kok, saat di klik tunggu sampai muncul LEWATI atau SKIP AD disebelah kanan, baru nanti ditekan generate dan keluar deh downloadtannya

    ReplyDelete
  12. mbak Zida aku mau juga dong minta dikirimin file ke nien_ing12@yahoo.co.id buat bahan ajar saya. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. download aja langsung materinya mbak, itu ada tulisannya

      Delete
  13. mba boleh ga, kirim ke email saya.. kdhania@ymail.com :) makasih ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik saja tulisan download di akhir artikel saya

      Delete
  14. kak, di download gak bisa :( kirimin ke email bisa gak?
    di itik.magnae1005@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke deh saya kirim dan saya perbarui linknya biar langsung download

      Delete
  15. ka, kirimin ke email 01detaruth@gmail.com boleh ga? untuk referensi tugas sekolah hehe

    ReplyDelete
  16. kirim min dong mbak ni ke mail aj jekz86@yahoo.co.id.
    buat tugas sekolah ni

    ReplyDelete
  17. Ka mau referensinya ka
    Email saya. fenaputeri@gmail.com
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  18. Mbk zida mnta filex donk,dkirim lewat email ya.ardnas_boy@yahoo.com
    saya sangat minat mbk sma materix.Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon semuanya untuk ambil pada link diatas dengan sendiri ya, karena saya jarng buka email

      Delete
  19. assalamualaikum mbak saya boleh minta artikelya

    ReplyDelete
  20. mbak aku jg gk bisa copas..
    tolong kirim email ya..
    sekali lagi tolong...
    ni email ku hmmurtadho8@gmail.com

    ReplyDelete
  21. Mlm mba zida '' kenapa ya dari tadi saya mau download filenya tpi ngk bisa 2 ,, kira kira solusinya bagaimana ya ? '' di samping itu juga poster reklamenya mengganggu bangat ,, filenya jga ngk bisa di baca sebagian ,, kira kira bisa minta tolong ngk mba kirimkan filenya kah ke email q , merlinasiahaan@gmail.com ,, mksh di tunggu balasanya ya mbaa ,, soalnya filenya sangat penting untuk saya .. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tekan saja link download yang ada di bawah artikel, nanti akan melihat halaman adfly. disana memang reklame dari pengiklan, klik aja skip ad-nya.. saya kira panduan download juga lengkap kok mba'.. ini juga sudah saya kirim via email ya materinya

      Delete
  22. mba sya mau minta artikelnya juga ya,soalnya saya download gak bisa
    kirimin lewat email ku ya wata_qyuqie@yahoo.com

    ReplyDelete
  23. mbak, kirim juga ke andriastya@gmail.com

    ReplyDelete
  24. mbak boleh minta datanya ini,, ngebantu saya banget,
    kirim ke email saya myusuff14@yahoo.com
    trims

    ReplyDelete
  25. Mbak saya boleh minta datanya juga ga??
    Email ya mb, dichadiahyumoestin@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  26. mbak tolong kirimin artikelnya ke "wigunapandu@rocketmail.com" yaa mbak... terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. MOHON DIBACA DULU YA AGAN - AGAN YANG BAIK HATI ARTIKEL DIATAS..
      ADA LINK DOWNLOADNYA TUH. JADI BISA DOWNLOAD

      MAKASI YAAA

      Delete
    2. Siang mba
      Aq mau naya kesimpulan perbedaan antara pasar monopli dan pasar oligopoli itu

      Bantu pencerahan ya mba
      Makasih.

      Delete
  27. thanks artikelnya sangat mmbantu bgt

    ReplyDelete

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger