Ciri – Ciri Orang Yang Disayang Allah SWT | Kerozzi

Ciri – Ciri Orang Yang Disayang Allah SWT

Assalamualaikum, artikel berikut ini berisi ciri – ciri orang yang disayang Allah SWT berdasarkan dalil dalam Al Qur’an dan Al Hadits. Blog Kerozzi akan membagikannya untuk teman-teman semua setelah beberapa hari yang lalu sempat posting Pengantar Ekonomi Mikro Teori Biaya Produksi.
Ciri – Ciri Orang Yang Disayang Allah SWT
Hadits Qudsi
“Barangsiapa yang memusuhi kekasih-Ku (wali-Ku), maka Aku mengisyaratkan perang terhadapnya. Tidak ada satu perbuatan mendekatkan diri seorang hamba (taqarrub) kepada Aku yang lebih Aku cintai selain daripada kewajiban-kewajiban yang Aku fardhukan ke atasnya. Dan hamba-Ku akan terus beramal mendekatkan diri kepada-Ku dengan melakukan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Dan apabila Aku sudah mencintainya maka Aku (menjadikan) pendengarannya yang dengannya dia mendengar, penglihatannya yang dengannya dia melihat, tangannya yang dengannya dia menggenggam dan kakinya yang dengannya dia berjalan. Jika dia memohon sesuatu dari Aku niscaya Aku memberinya. Dan jika dia memohon perlindungan Aku (dari sesuatu) niscaya Aku akan melindunginya. Aku tidak pernah ragu dari sesuatu yang Aku lakukan seperti Aku ragu (hendak mengambil) nyawa hamba-Ku yang Mukmin, di mana dia membenci maut sedang Aku tidak menyakitinya.” (Al-Bukhari)

Yang bisa kita lakukan dalam menghadapi setiap permasalahan adalah menjadi kekasih Allah dalam arti lebih mendekatkan diri kepada Allah, berusaha menjadi hamba yang di sayang oleh Allah.

1. Beriman ( Iman yang ada di dalam hati ) adalah Ciri – Ciri Orang Yang Disayang Allah SWT yang pertama



"Sungguh Allah telah meridhai orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setia kepadamu ( Muhammad ) di bawah pohon, Dia mengetahui apa yang ada dalam hati mereka, lalu Dia memberikan ketenangan atas mereka dan memberi balasan dengan kemenangan yang dekat. " ( Al Fath : 18 )

2. Bertaqwa



Salah satu ciri orang bertaqwa adalah jujur sedangkan definisi taqwa itu sendiri adalah takut kepada Allah

"Bagaimana mungkin ada perjanjian (aman) di sisi Allah dan Rasul Nya dengan orang-orang musyrik, kecuali dengan orang-orang yang telah mengadakan perjanjian ( dengan mereka ) di dekat Masjidil Haram ( Hudabiiyah ), maka selama mereka berlaku jujur terhadapmu, hendaklah berlaku jujur ( pula )terhadap mereka. Sungguh Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa." ( At Taubah :7 )

Qs. Ali Imran : 76  = "Sebenarnya barang siapa menepati janji dan bertakwa, maka sungguh Allah mencintai orang-orang yang bertakwa."
Orang membenci itu ada dua sebab :
1. Benci karena kelakuan yang jelek
2. Benci karena kelakuan yang baik ( dengki )
3. Ikhsan = Melakukan sesuatu kebaikan seolah-olah Allah melihat MU

Qs. Al Maidah : 13 = " ( Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, maka Kami melaknat mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka mengubah firman (Allah) dari tempatnya, dan melupakan sebagian pesan yang telah diperingatkan kepada mereka. Engkau (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sekelompok kecil di antara mereka ( yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka. Sungguh Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik."

Qs. At Taubah : 105 = "Dan katakanlah, "Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Rasul Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata lalu diberitakan Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

Qs. Ali Imran : 134 = "Yaitu orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan."

Qs. Al Baqoroh : 195 = "Dan infakkanlah hartamu di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan diri sendiri ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik."

Orang-orang yang selalu berbuat kebaikan adalah orang-orang yang :
* Selalu memaafkan orang lain
* Saling menasihati dalam kesabaran dan kebaikan
Rasulullah saw sendiri pernah ditanya (oleh malaikat Jibril) tentang tingkatan”ihsan” ini, lalu baginda menjawab:
“Bahwa engkau menyembah Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, jika engkau tidak melihat-Nya (sedikitpun) maka yakinlah bahwa Allah melihat engkau” (Muttafaqun ‘Alaih).

3. Ciri – Ciri Orang Yang Disayang Allah SWT selanjutnya adalah Sabar



Al Asr : 1-3 = Saling menasihati dalam kesabaran dan kebaikan
"...Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar." (Qs.Ali Imran : 146)

 4. Bertawakal kepada Allah


Qs. Al Baqoroh : 112 = "Barang siapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, dan dia berbuat baik, dia mendapat pahala di sisi Tuhannya dan tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."

Qs. Al Nahl : 99 = "Sungguh setan itu tidak berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Allah."
Qs. At Taubah : 51 = " Katakanlah Muhammad, "Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakalnya orang-orang yang beriman."

Bagaimana kita menyerahkan segala urusan kita hanya kepada Allah, tidak memikirkan bagaimana hasilnya. Setan tidak bisa menguasai orang-orang yang bertawakal.
ciri – ciri orang yang disayang Allah SWT

5. Mencintai Allah



Qs. Ali Imran : 31 = Jika kita mencintai Allah maka taatlah kepada Allah

6. Taubat


Qs. Al Baqoroh : 222 = “...Sungguh Allah menyukai orang yang bertaubat dan menyukai orang yang mensucikan diri."

Demikianlah ciri – ciri orang yang disayang Allah SWT berdasarkan dalil Al Qur’an dan Al Hadits. Semoga bermanfaat bagi teman teman semua dan bagi saya khususnya. Bila ada yang kurang dari artikel diatas, Anda bisa ditambahkan di kotak komentar ini. Terima Kasih dan Wassalamualaikum.
Share this article :

22 comments:

  1. Allah menyayangimu..... ^^

    ReplyDelete
  2. Tanda cintakan Allah adalah mengamalkan sunnah nabi..

    ReplyDelete
  3. Apa sahaja yang nabi amalkan seperti perbuatan contohnya nabi suka memakai pakaian berwarna putih, hijau dll, makan menggunakan tangan (tanpa garfu atau sudu), guna tangan kanan, memakan minyak zaitun dan menyapunya pada kulit, habbatus sauda, kurma, seboleh-bolehnya senantiasa ada di rumah dan pelbagai makanan sunnah sedapat mungkin yang mampu dilaksanakan, solat tahajjud ( tidak dilupai yang wajib), dan tidak lupa selawat sebanyak-banyaknya ke atas nabi juga setiap hari tanpa ada tertinggal pun.. insya Allah, kehidupan akan bertambah berkat, tenang dan dimurahkan rezeki dari pelbagai penjuru.. ibadah juga bertambah khusyuk...

    ReplyDelete
  4. rasul juga memiliki istri lebih dari satu..he..he...biasa nya kalo ikwal ini di tentang oleh kaum hawa, mereka lbh condong ego diri dari pada hukum agama...slh kt mhn mf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poligami boleh tp ada maksud baiknya bukan karna nafsu, misal menikahi janda miskin untuk menyelamatkan martabatnya..

      Delete
    2. poligami itu bukan hukum agama. Nabi hanya beristri satu sampai Khadijah meninggal (walaupun Khadijah sendiri tua). Jangan menuruti nafu, rasa bangga terhadap diri sendiri, apalagi sampai riya. Astagfirullah.

      Delete
    3. Boleh beristri 4 asal bisa adil salah satu syaratnya. Tak satupun cowok bisa adil, jadi istigfar lah kaum lelaki yang pingin punya istri lebih dari satu. Karena adil itu milik Allah.

      Delete
  5. Semoga Allah mencintai ana dan antum semua, amiin

    ReplyDelete
  6. terimakasih ...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Amin yrb.. ttp Berusaha mnjadi yg dicintai ALLAH SWT ... Amin

    ReplyDelete
  8. Subahanallah maha pengasih dan maha penyang engkau :')

    ReplyDelete
  9. Aamiin Yrb..Allahu Akbar,Allah Maha Melihat,Maha Mendengar,Maha Mengetahui,Maha Pemberi,Maha Bijaksana,Maha Pengampun,Maha Dekat..& Maha Segala-galanya..Kebaikan hanya milik Allah SWT

    ReplyDelete
  10. Sekedar berbagi pengalaman..
    Kira" saat anak pertamaku berumur 2tahun /th2011. Waktu itu kami tidak mempunyai uang dan kebetulan stok makanan juga habis.. dan juga susu formula untuk sikecil juga habis..
    Gaji bulanan masih seminggu lagi keluarnya..pinjam saudara dan tetangga juga sudah dilakukan, jual barang juga kayanya tidak cukup dan tidak ada hasil.. karena kami merasa semua jalan sudah ditempuh.. akhirnya kami sepakat untuk pasrah kepada Alloh SWT..
    Dengan harapan besok mungkin akan ada rejeki. Kemudian daripada stress karena keadaan aku dan istri iseng beres" rumah..kebetulan saat itu hari lagi cerah jadi aku inisiatif untuk menjemur kasur..tanpa disangka ada selembar amplop warna putih yang tergeletak dibawah kasur tapi sedikit tersembunyi dilipatan tikar iseng aku mengambilnya..dan Alhamdulillah ternyata amplop tersebut terdapat uang Rp50.000,- dan itu langsung disaksikan oleh istri.. kami berdua tersenyum dan mengucap syukur kpd Alloh SWT.. kemudian langsung aku belanjakan untuk beli susu formula buat sikecil.. setelah aku ingat" mungkin itu adalah amplop yang waktu saat pernikahan dan memang aku simpan disitu dan aku lupa mengambilnya dan memang untuk saat ini dibutuhkannya.. :)
    Demikian sebuah pengalaman kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. inspiratif sekali..
      allah memang maha pemberi

      Delete

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger