Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi Terfresh | Kerozzi

Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi Terfresh



Pengertian Paragraf Deskripsi | Contoh dan Ciri – cirri paragraf deskriptif | Assalamualaikum, Posting Kerozzi kali ini adalah tentang Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi Terfresh. Setelah pada waktu yang lalu juga posting materi pendidikan lain yang berjudul Cara Pendaftaran SNMPTN 2013 paling lengkap



Pengertian Paragraf Deskripsi
Paragraf deskripsi adalah paragraf yg berisi penggambarkan suatu objek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci sehinggga pembaca seolah-olah mlihat dan merasakan sendiri apa yg dideskripsikan oleh penulis.
Ciri-ciri :
  1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  2. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
  3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.
  4. Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.
Pola pengembangan paragraf deskripsi:
  1. Paragraf Deskripsi Spasial, paragraf ini menggambarkan objek kusus ruangan, benda atau tempat.
  2. Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.
  3. Paragraf Deskripsi Objektif, paragraf ini menggambarkan objek dengan apa adanya atau sebenarnya.

Contoh Paragraf Deskripsi:
Contoh Pertama:
Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Bagi penyelam, Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang. Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan obyek wisata alternatif.
Contoh Kedua:
Pemandangan Pantai Parangtritis - Yogya sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut"

Contoh Ketiga:
Pemandangan Pantai Mojopahit - Mojokerto sangat mempesona. di sebelah kiri terlihat tebing yang amat sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Mojopahit ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Mojopahit ini keta bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut.

Contoh Keempat:
Siang itu aq sdang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikq yg baru saja dibuka. Apotik ini adlah impianku sejak aq kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aq memandang puas pada usahaq selama ini. aq bisa mendirikan apotik di kota kelahiranku. Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yg dikelompokkan menurut farmakologinya dan disusun alfabetis. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yg berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yg disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yg biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO. Setelah ku pandangi aq tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. buku ini adalah buku pertama yg kubeli saat aq kuliah dulu. aq memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Juni yg panas ini.

Contoh Kelima:
Ruangan berukuran 90m x 80m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Sebuah kursi bambu berwarna coklat dengan meja bambu berada di tengah ruangan. Sementara itu, rak buku berisi beberapa novel dan buku-buku ilmiah diletakkan mepet dengan dinding sebelah selatan bersanding dengan sebuah pot berisi pohon bonsai kecil yang seakan-akan menyatu dengan tembok yang dicat dengan warna merah muda. Diluar ruangan, terdapat sebuah kolam kecil berukuran 20,5m x 20m berisi beberapa ikan gurame yang berseliweran. Suara gemericik air dari kolam menambah sejuknya suasana di ruang tamu milik Pak habib bull.

Contoh Keenam:
Pantai Mojopahit mungkin hanya salah satu diantara sekian banyak pantai yang masih belum terjamah di Kabupaten Gunung Pacet, Mojokerto. Pantai dengan hamparan pasir putih mahaluas ini seolah menggoda kaki untuk untuk terus memijak dan berjalan-jalan diatasnya. Di kanan kiri pantai dapat kita lihat bukut-bukit kapur hijau ditumbuhi lumut yang berdiri gagah menantang derasnya ombak pantai. Suasana pantai yang sepi juga menambah pesona pantai yang masih perawan ini.

Contoh Ketujuh:
Pantai Mojopahit terletak di Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Mojokerto. Pantai ini berjarak 70 km atau dua jam perjalanan dari pusat Kota Mojokerto. Di kanan kiri pantai landai yang berpasir putih ini, kita dapat melihat gugusan bukit kapur yang berwarna hijau ditumbuhi lumut. Namun yang perlu diperhatikan, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar sehingga wisatawan dilarang berenang di pantai ini karena sangat berbahaya.

Sekian pengertian dan contoh paragraf deskripsi kali ini, Wassalamualaikum
Share this article :

23 comments:

  1. Wah.. terimakasih sudah di share..

    ReplyDelete
  2. Irfan Syahputra, harris tiano = terima kasih kembali ya sudah kesini

    ReplyDelete
  3. Mbak kalo kalimat Deskripsi boleh minta contohnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalimat yang menjelaskan secara terperinci. ambil aja salah satu kalimat dalam contoh paragraf diatas.

      "Sebuah kursi bambu berwarna coklat dengan meja bambu berada di tengah ruangan memang menggambarkan betapa klasiknya rumah Pak Setiawan."

      Delete
    2. mbak yang termasuk deskripsi spasial, subjektif atau objektif yang mana??

      Delete
    3. Pola deskripsi spasial adalah pola pengembangan paragraf dengan objek berupa space atau ruang. ( lihat Contoh 6)

      Pola deskripsi Subjektif, menggambarkan objek sesuai penafsiran dengan disertai kesan atau opini dari penulis (lihat contoh 3)

      Pola deskripsi Objektif, adalah pola pengembangan paragraf deskripsi dengan cara menggambarkan objek secara apa adanya tanpa disertai opini penulis. (lihat contoh 5)

      Delete
  4. mba kalau contohnya teks deskripsi tentang tranportasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pilih saja dahulu transportasi apa yang dipakai, Misal angkutan umum bus
      suatu hari saya pergi ke bandung, ketika memasuki sebuah angkutan umum, banyak orang yang sudah memenuhi tempat duduk, beberapa berdiri, termasuk saya. lajunya yang kencang membuat kita terpontang-panting kiri kanan dan depan belakang, tidak sedikit barang bawaan diatas tempat duduk yang jatuh..

      Delete
  5. Replies
    1. memang tidak bisa mas Ahmad, silakan dibaca saja yaa.. hehehe.. nanti akan saya sediakn link downloadnya

      Delete
  6. Blog pelit yg pernah gue singgahin ,, huu, padahal berisi materi yg bguss, kaga bisa di Copast lagiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf ya pak muhammad, kami hanya menghindari adanya duplikat konten dari blogger lainnya yang akan merugikan blog ini juga. kalau mau menjadikan artikel saya sebagai referensi pembelajaran, silakan kirim email anda, nanti akan kami kirim via email seperti teman yang lainnya

      makasi

      Delete
  7. wah template kita saya wkwkwkw keren blognya

    ReplyDelete
  8. trimakaSIHHH atas info yg di berikan,,,,..smoga bermanfaat bagi smua orang,,,,,

    ReplyDelete

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger