BUDAYA ORGANISASI | Kerozzi

BUDAYA ORGANISASI

BUDAYA ORGANISASI - INSTITUSI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BUDAYA ORGANISASI - KARAKTERISTIK UMUM DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI - PERBANDINGAN BUDAYA YANG LEMAH DAN YANG KUAT DALAM ORGANISASI - DAMPAK BUDAYA ORGANISASI PADA MASYARAKAT - FAKTOR PENENTU SEBUAH BUDAYA ORGANISASI merupakan pembahasan kerozzi pada kesempatan ini setelah beberapa hari yang lalu sempat promosi jualan Ultrabook Terbaru
.
 
A. INSTITUSI DAN HUBUNGANNYA DENGAN BUDAYA ORGANISASI
- Pengertian Institusi
Institusi atau biasa dikenal dengan Lembaga sosial adalah sekumpulan norma dan tata kelakuan yang terorganisasi yang berkisar pada kegiatan pokok manusia.
Selain itu institusi juga disebut dengan pranata yang merupakan norma atau aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus. Norma/aturan dalam pranata berbentuk tertulis (undang-undang dasar, undang-undang yang berlaku, sanksi sesuai hukum resmi yang berlaku) dan tidak tertulis (hukum adat, kebiasaan yang berlaku, sanksinya ialah sanksi sosial/moral (misalkan dikucilkan)). Pranata bersifat mengikat dan relatif lama serta memiliki ciri-ciri tertentu yaitu simbol, nilai, aturan main, tujuan, kelengkapan, dan umur.
 
- Pengertian Budaya Organisasi
Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi.
Menurut Robbins (2001:525), budaya organisasi merupakan sistem makna bersama terhadap nilai-nilai primer yang dianut bersama dan dihargai organisasi, yang berfungsi menciptakan pembedaan yang jelas antara satu organisasi dengan organisasi lainnya, menciptakan rasa identitas bagi para anggota organisasi, mempermudah timbulnya komitmen kolektif terhadap organisasi, meningkatkan kemantapan sistem sosial, serta menciptakan mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu membentuk sikap dan perilaku para anggota organisasi. Deal dan Kennedy sebagaimana dikutip Robbins (2001:479) menjelaskan budaya organisasi sebagai nilai-nilai dominan yang didukung organisasi.
 
Gibson et.al. (1996:77) merumuskan: “kultur organisasi mengandung bauran nilai-nilai, kepercayaan, asumsi, persepsi, norma, kekhasan dan pola perilaku”.
Selanjutnya, Dr. Suwarto, MS menyampaikan definisi-definisi budaya organisasi dalam persepsi sejumlah ahli sebagai berikut.
1. Suatu sistem makna bersama/persepsi yang dianut oleh anggota-anggota organisasi (Robbins, 2005).
2. Sejumlah pemahaman penting seperti norma, nilai, sikap, dan keyakinan  yang dimiliki bersama oleh anggota organisasi (Stoner, 1995).
3. Pola asumsi dasar bentukan, temuan, atau pengembangan kelompok yang bekerja cukup baik dalam mengatasi masalah sehingga perlu diajarkan kepada anggota baru (Schein, 1991, Luthans, 1998)
4. Pemprograman mental efektif (Hofstede, 1983).
5. Pandangan hidup dalam organisasi (Hatch, 1997).
6. Berkaitan dengan makna bersama, nilai, sikap dan keyakinan, kebiasaan dan pengharapan dari keseluruhan anggota organisasi (Nicholson, 1997, Juechter, 1998).
 
- Hubungan Institusi dan Budaya Organisasi
1. Pembentukan budaya dalam organisasi diawali oleh para pendiri (founder) institusi melalui tahapan-tahapan sebagai berikut :
a. Seseorang mempunyai gagasan untuk mendirikan organisasi.
b. Ia menggali dan mengarahkan sumber-sumber baik orang yang sepaham dan setujuan dengan dia (SDM), biaya dan teknologi.
c. Mereka meletakan dasar organisasi berupa susunan organisasi dan tata kerja.
2. Budaya Organisasi sangat berpengaruh terhadap perilaku dalam sebuah organisasi. Karena budaya organisasi melibatkan ekspektasi, nilai, dan sikap bersama yang dapat memberikan pengaruh pada individu, kelompok / institusi, dan proses organisasi. Budaya organisasi juga sebagai perspektif untuk memahami perilaku individu dan kelompok dalam suatu organisasi.
 
B. KARAKTERISTIK UMUM DALAM MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI
Unsur-unsur yang dapat dijadikan landasan bagi terbentuknya budaya organisasi antara lain :
a.      Pendirian
Pendirian bersifat abstrak. Ia terlihat melalui sikap. Pendirian dapat diukur berdasarkan keteguhan atau kekuatannya teguh sampai kepada goyah. Sikap diukur dengan tolak positive, negative, tetap atau berubah. Pemberian bersifat given dan indigeneus. Baginya berubah berarti mati. Kalau sikap seseorang berubah, maka perubahan itu tidak bersumber dari pendirian melainkan dari factor exsternal.
 
b.      Sikap
Sikap adalah kecenderungan jiwa terhadap sesuatu. Ia menunjukan arah, potensi dan dorongan menuju sesuatu itu.
 
c.       Perilaku
Perilaku adalah operasionalisasi dari aktualisasi sikap seseorang atau sekelompok dalam atau terhadap suatu (situasi dan kondisi) lingkungan (masyarakat, alam, tekhnologi, atau organisasi) yang kemudian diperagakan. Supaya perilaku dapat diamati dan direkam.
 
C. PERBANDINGAN BUDAYA YANG LEMAH DAN YANG KUAT DALAM ORGANISASI
Budaya yang kuat :
1) Budaya yang menanamkan nilai-nilai utama secara kokoh dan diterima secara luas di kalangan para karyawan serta setiap orang yang bekerja di dalam suatu perusahaan atau organisasi dan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perilakunya.
2) Nilai-nilai bisa diterima secara luas
3) Budaya memberikan pesan yang konsisten kepada para karyawan mengenai apa yang ddipandang berharga dan penting
4) Para karywan sangat mengidentikkan jati diri mereka dengan budaya organisasi
5) Terdapat kaitan yang erat di antara penerimaan nilai-nilai dan perilaku para anggota organisasi
 
Budaya yang lemah :
1) Budaya yang tidak menanamkan nilai-nilai utama secara kokoh dan tidak bisa diterima secara luas di kalangan para karyawan serta setiap orang yang bekerja di dalam suatu perusahaan atau organisas sehingga tidak memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perilakunya.
2) Nilai-nilai hanya dianut oleh segolongan orang saja di dalam organisasi – biasanya kalangan manajemen puncak
3) Budaya memberikan pesan yang salng bertolak blakang mengenai apa yang di pandang berharga dan penting
4) Para karyawan tidak begitu peduli dengan identitas budaya organisasi merreka
5) Tidak ada kaitan yang kuat di antara perilaku para anggota organisasi
 
D. DAMPAK BUDAYA ORGANISASI PADA MASYARAKAT
Budaya organisasi memiliki manfaat yang sangat strategis dalam sebuah organisasi ataupun Masyarakat. Budaya organisasi yang baik dan mapan akan berdampak sangat positif terhadap kehidupan sebuah organisasi. Bahkan tidak hanya sekedar bermanfaat secara materiil namun juga memiliki dampak spiritual dan kebarokahan.
 
E. FAKTOR PENENTU SEBUAH BUDAYA ORGANISASI
Suatu organisasi harus memiliki kesepakatan yang cukup mantap antara para anggotanya tentang apa yang dianggap Penting, Panas, Perlu dan Seruu tentang bagaimana perilaku Organisasi yang baik , dan tentang apa yang dibutuhkan untuk maju . tidak hanya itu agar suatu budaya organisasi tidak lemah maka organisasi tersebut harus bisa memperlihatkan suatu hubungan yang baik dengan kinerja organisasi . sehingga nilai nilai pokok organisasi dapat dipahami scara jelas dan diterima secara luas.
 
F. DAFTAR PUSTAKA
- hxxp://fikriputrahasan.wordpress.com/2012/12/11/konsep-budaya-organisasi-secara-islami/
- hxxp://blog.ub.ac.id/gitafebrila/2012/10/22/berdiskusi-tentang-budaya-dan-lingkungan-organisasi/
- hxxp://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_organisasi#Karakteristik_budaya_organisasi
- hxxp://mpikelasb.blogspot.com/2010/01/makalah-pengaruh-budaya-terhadap.html 



















PERILAKU ORGANSASI
DAN
KEPEMIMPINAN
Budaya Organisasi
clip_image001
Disusun Oleh :
Nur Mazidah
(122010300**)
 
Sekian share saya tentang BUDAYA ORGANISASI. semoga bisa menambah referensi anda dalam mengerjakan tugas seperti ini. Terima kasih sudah mampir.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger