Konsep – konsep Dasar Akuntansi Manajemen | Kerozzi

Konsep – konsep Dasar Akuntansi Manajemen

Konsep – konsep Dasar Akuntansi Manajemen yang diambil dari resume atau rangkuman akuntansi manajerial (salemba empat) akan kerozzi bagikan sebagai terusan tugas kemarin yang sudah di share. Simak lebih jelasnya dibawah ini

Resume
Akuntansi Manajerial ( Salemba Empat)
Konsep –konsep Dasar Akuntansi manajemen
TUGAS MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN
Konsep –konsep Dasar Akuntansi manajemen
Disusun Oleh :
Nur Mazidah ( 1220103000** )
FAKULTAS EKONOMI – PRODI AKUNTANSI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2014-2015
 


Pembebanan Biaya : penelusuran Langsung ( Direct Tracing) Penelusuran penggerak (Driver Tracing) dan Alokasi ( Allocation )
Mempelajari Akuntansi manajemen membutuhkan pemhaman arti biaya dan terminologi yang berkaitan dengan biaya. Pembebanan biaya pada produk, jasa dan objek lain menjadi perhatian manajemen
 
Biaya
Definisi Biaya ialah kas atau nilai setara kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang dan jasa yang diharapkan dapat memberi manfaat saai ini atau masa yang akan datang
 
Objek Biaya
Definisinya ialah Sistem akuntansi manajemen yang dibuat untuk mengukur dan membebankan biaya pada entita.
 
Keakuratan Pembebanan
Definisinya ialah suatu konsep yang relatif dan harus dilakukan secara wajar dan logis terhadap penggunaan metode pembebanan biaya. Tujuannya ialah mengukur dan membebankan biaya dari sumber daya yang dikonsumsi objek biaya sebaik mungkin.
 
Metode Penelusuran
Ketelusuran berarti biaya dapat dibebankan dengan mudah dan akurat, sedangkan penelusuran ( tracing ) berarti pembebanan aktual biaya pada objek biaya dengan menggunakan ukuran yang dapat diamati atas sumber daya yang dikonsumsi oleh objek pajak
Penelusuran biaya pada objek biaya dapat terjadi melalui salah satu dari dua cara berikut:
1. Penelusuran langsung
2. Penelusuran penggerak
 
Membebankan Biaya Tidak Langsung
Definisinya ialah biaya – biaya yang tidak dapat dibebankan pada objek – objek biaya, baik dengan menggunakan penelusuran langsung maupun penggerak.
 
Harga Pokok Produk dan Jassa
Keluaran ( Output ) Organisasi merupakan salah satu hal penting dari objek biaya. Ada 2 jenis keluaran yaitu produk berwujud dan jasa. Produk berwujud ( tangible product ) ialah barang yang dihasilkan dengan mengubah bahan baku melalui penggunaan tenaga kerja dan masukan modal pabrik, lahan dan mesin. Jasa ( service ) ialah tugas atau aktivitas yang dilakukan untuk pelanggan atau aktivitas yang dijalankan oleh pelanggan dengan menggunakan produk atau fasilitas organisasi.
 
Biaya yang Berbeda Untuk Tujuan yang Berbeda
Harga pokok Produk ( Product cost ) ialah pembebanan biaya yang mendukung tujuan manajerial yang spesifik. Arti Harga Pokok Produk bergantung pada tujuan manajerial yang ingin dicapai. Hal tersebut mengilustrasikan prinsip manajemen biaya fundamental yaitu “ biaya yang berbeda untuk tujuan yang berbeda .“
 
Harga Pokok Produk dan Pelaporan Keuangan Eksternal
Salah satu tujuan utama sistem manajemen biaya adalah perhitungan harga pokok produk untuk pelaporan keuangan eksternal. Biaya dikelompokkan dalam dua kategori fungsional utama yaitu : produksi dan non produksi
 
Bahan Langsung
Ialah bahan yang dapat ditelusuri secara langsung pada barang dan jasa yang sedang diproduksi. Biaya ini dapat langsung dibebankan pada produk karena pengamatan secara fisik dapat digunakan untuk mengukur kuantitas yang dikonsumsi oleh setiap produk.
 
Tenaga Kerja Langsung
Ialah tenaga kerja yang dapat ditelusuri secara langsung pada barang dan jasa yang sedang diproduksi. Seperti halnya bahan langsung, pengamatan secara fisik dapat digunakan untuk mengukur kuantitas karyawan yang terlibat dalam pembuatan suatu produk.
 
Overhead
Semua biaya produksi selain bahan langsung dan tenaga kerja langsung dikelompokkan dalam satu kategori yaitu overhead. Kategori biaya overhead memuat berbagai hal.
 
Biaya Utama dan Konfersi
Kombinasi dari berbagai biaya produk mengarah pada konsep biaya konversi dan biaya utama. Biaya utma ( Prime Cost ) ialah jumlah dari biaya bahan langsung dan niaya tenaga langsung. BiayaKonversi ( Conversion cost ) ialah jumlah dari biaya tenaga kerja langsung dan Overhead.
 
Biaya Penjualan dan Administrsi
Biaya nonproduksi terdiri atas 2 kategori umum : Biaya penjualan dan biaya administrasi. Untuk pelaporan keuangan eksternal, biaya penjualan dan administrasi disebut biaya yang tidak dapat diinventarisasi atau biaya periode.
 
Laporan Keuangan Eksternal
Demi memenuhi kebutuhan pelaporan eksternal, biaya – biaya diklasifikasikan berdasarkan fungsi. Ketika menyusun laporan laba rugi, biaya produksi dipisahkan dari biaya penjualan dan administrasi.
 
Laporan Laba Rugi : Perusahaan Manufaktur
Menurut pendekatan perhitungan biaya absorpsi, beban dipisahkan menurut fungsi, kemudian dikurangi dari penjualan untuk menghasilkan laba sebelum pajak.Harga pokok penjualan adalah biaya bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead yang melekat pada unit terjual.
 
Laporan Laba rugi Perusahaan Jasa
Pada perusahaan jasa perhitungan biaya jasa yang terjual berbeda dari biaya penjualan dalam perusahan Manufaktur. Perusahaan jasa tidak memiliki persediaan barang jadi karena tidak mungkin menyimpan jasa.
 
Jenis – Jenis Sistem Akuntansi Manajemen : Gambaran Umum Singkat
Sistem akuntansi manajemen dapat diklasifikasikan secara umum sebagai sistem berdasarkan fungsi dan sistem berdasarkan aktivitas. Sistem akuntansi manajemen berdasarkan aktivitas merupakan sistem yang lebih baru, lebih luas dan pemanfaatannya lebih tinggi, khususnya diantara organisasi yang memiliki beragam produk.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger