Akuntansi Manajerial ( Salemba Empat) | Kerozzi

Akuntansi Manajerial ( Salemba Empat)

Akuntansi Manajerial ( Salemba Empat) mengenai Peran, Sejarah, dan Arah Akuntansi Manajemen akan kerozzi sajikan untuk anda pembaca setia blog pribadi ini. sebelumnya kami juga mempublikasikan materi Hak Dasar Pemegang Saham Modal , jika masih belum baca, silakan kembali dibuka halaman artikel tersebut
 
Resume
Akuntansi Manajerial ( Salemba Empat)
Peran, Sejarah, dan Arah Akuntansi Manajemen
TUGAS MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN
 
Akuntansi Manajerial ( Salemba Empat)
 
 
Disusun Oleh :
Nur Mazidah ( 122010300006 )
FAKULTAS EKONOMI – PRODI AKUNTANSI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
2014-2015
 
Sistem Informasi Akuntansi Manajemen
Sistem akuntansi manajemen menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan dari manajemen tertentu. Inti dari kegiatan ini ialah proses mendiskripsikan oleh aktivitas-aktivitas seperti pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, analisis, pelaporan, dan pengolahan informasi.
Sistem akuntansi manjamen mempunyai 3 tujuan umum yaitu:
a. Menyediakan informasi untuk kebutuhan biaya jasa, produk, atau objek lainnya yang ditentukan oleh manajemen.
b. Menyediakan informasi untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
c. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
 
Proses Manajemen
Definisi proses manajemen ialah aktivitas-aktivitas perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan. Proses ini mendiskripsikan fungsi – fungsi yang dilaksanakan para manajerdan pekerja yang diberdayakan. Memperdayakan pekerja untuk partisipasi dalam proses manajemen atau member kesempatan berpendapat dalam operasional perusahaan. Pemberdayaan karyawan memiliki konsep bahwa karyawan paling dekat dengan suatu pekerjaan dapat member masukan berharga dalam hal ide maupun penyelesaian masalah.
 
Perencanaan
Definisinya ialah formulasi terperinci dari kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Perencanaan memerlukan penetpan tujuan dan mengidentifikasi untuk mencapai tujuan tersebut.
 
Pengendalian
Definisinya ialah aktifitas mnajerial untuk memonitor implementasi rencana dan melakukan perbaikan sesuai kebutuhan dan biasanya dicapai dengan umpan balik. Umpan balik ( feedback ) ialah informasi yang digunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengimplementasikan suatu rencana. BAlikan merupakan factor yang cukup penting.
 
Pengambil Keputusan
Proses memilih dari sekian banyak alternative disebut dengan pengambil keputusan. Fungsi ini berkaitan erat dengan perencanaan dan pengendalian. Peran utama dari system akuntansi manajemen ialah menyediakan informasi sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan
 
Jenis Organisasi
Penggunaan informasi akuntansi tidak terikat hanya untuk perusahaan saja melainkan untuk semua jenis organisasi.
 
Akuntansi Manajemen dan AKuntansi Keuangan
Sistem informasi akuntansi pada organisasi memiliki 2 subsistem utama yaitu system akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. 2 subsistem tersebut berbeda tujuan, sifat, dan jenis proses yang digunakan untuk mengubah masukan menjadi keluaran. Akuntansi keuangan berhubungan dengan penyedia keluaran bagi pengguna eksternal dengan menggunakan kegiatan ekonomi sebagai masukan. Tujuan umumnya adalah menyusun laporan keuangan eksternal bagi investor, kreditor, lembaga pemerintah, dan pengguna lainnya.
Sedangkan system informasi manajemen disebut sebagai akuntansi internal karena informasi yang dihasilkan untuk pengguna internal missal, manajer, eksekutif, dan pekerja. Akuntansi ini mengidentifikasi, mengumpulkan, mengukur, mengklasifikasi dan melaporkan informasi pada pengguna internal.
 
Sejarah Singkat Akuntansi Manajemen
Prosedur perhitungan biaya produk dan akuntansi manajemen digunakan pada abad ke-20 dan dikembangkan antara tahun 1880 dan 1925. Sebelum tahun 1914, perkembangan awal ditekankan pada perhitungan biaya produk namun ditinggalkan sejak 1925 karena pada saat itu lebih ditekankan pada pendekatan perhitungan biaya persediaan.
Beberapa usaha untuk meningkatkan kegunaan manajerial dari system biaya konvensional dilakukan pada tahun 1950an dan 1960an.
Pada tahun 1980an dan 1990an, praktik – praktik akuntansi manajemen tradisional yang sudah tidak mampu lagi melayani kebutuhan manajerial banyak ditemukan. Dan sebagai tanggapannya, berbagai usaha dilakukan untuk mengembangkan system akuntansi manajemen baru.
 
Tema Baru dalam Akuntansi Manajemen
Lingkungan ekonomi mensyaratkan pengembangan praktik-praktik akuntansi manajemen yang inovatif dan relevan. Konsekuensinya, system akuntansi manajemen berdasarkan aktivitas banyak dikembangkan.
 
Manajemen Berdasarkan Aktivitas (Activity – Based Managemet)
Definisi manajemen berdasakan aktivitas ialah suatu pendekatan yang terintegrasi diseluruh system yang memfokuskan perhatian manajemen pada berbagai aktivitas yang bertujuan meningkatkan nilai bagi pelanggan ddan laba yang dihasilkan.
 
Orientasi Pada Pelanggan
Nilai bagi pelanggan adalah focus utama perusahaan menunjukkan keunggulan bersaing dengan menciptakan nilai yang baik pada pelanggan. Nilai bagi pelanggan ialah selisih dari apa yang diterima dan apa yang pelanggan serahkan.
Penetapan Posisi Strategic
 
Meningkatkan nilai pelanggan untuk menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan dicapai melalui pemilihan berbagai strategi yang bijaksana. Manajemen biaya strategi ialah penggunaan data biaya untuk mengembangkan dan mengidentifikasi strategi – strategi superior yang akan menghasilkan keunggulan – keunggulan bersaing.
 
Kerangka Kerja Rantai Nilai
Hal ini focus pada nilai bagi pelanggan yang berarti seharusnya menghasilkan informasi tentang realisasi maupun pengorbanan pelanggan. Oleh karena itu informasi diperoleh dari luar perusahaan.
 
Perspektif Lintas Fungsional
Pengolahan rantai nilai berarti akuntansi manajemen harus memahami banyak fungsi mulai manufactur, pemasaran, distribusi, hingga pelayanan konsumen. Mengapa kita perlu menghubungkan akuntansi manajemen dengan pemasaran, manajemen, tekhnik, dan fungsi – fungsi bisnis lainnya? Karena jika rantai nilai digunakan maka kita dapat melihat bahwa pada fungsi – fungsi tersebut saling berhubungan.
 
Manajemen Kualitas Total
Perbaikan berkelanjutan sangat penting untuk mencapai kesempurnaan manufaktur. Hal ini merupakan kunci untuk bertahan hidup dalam lingkungan persaingan tingkat dunia. Filosofi manajemen total dimana perusahaan berusaha menciptakan suatu lingkungan yang membuat para pekerjanya menghasilkan produk yang sempurna.
 
Waktu Sebagai Elemen Persaingan
Waktu merupakan elemen penting dalam tahap rantai nilai. Perusahaan kelas dunia mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pasar dengan memperpendek siklus design, implementasi, dan produksi.
 
Efisiensi
Meningkatkan efisiensi sangat penting. Pengukuran efisiensi financial dan nonfinansial diperlukan. Biaya merupakan kritikal untuk efisiensi kerja.
 
Bisnis secara Elektronik ( E- Bussines )
Bisnis Elektronik ialah transaksi bisnis atau informasi yang dijalankan melalui teknologi informasi komunikasi. Hal ini diharapkan tumbuh pesat pada tahun – tahun mendatang.
 
Peran AKuntansi Manajemen
Saat ini bisnis bergerak cepat daripada sebelumnya. Perubahan dalam teknologi, komunikasi dan kondisi ekonomi serta lingkungan hokum mempengaruhi perusahaan dan akuntan manajemen dalam cara – cara baru. Oleh karena itu akuntansi manajemen harus mendukung dalam semua tahapan.
 
Struktur Perusahaan
Peran akuntansi manajemen dalam perusahaan merupakan pendukung. Mereka membantu orang-orang yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan tujuan dasar organisasi.
 
Sarbanes-Oxley Act 2002
Congrees mengesahkan Sarbanes – Oxley Act pada bulan juni 2002. Peraturan ini disahkan sebagai respon dari jatuhnya Enroon beserta terungkapnya berbagai kecurangan dalam sekuritas dan penyimpangan dalam akuntansi. SOX membentuk pengendalian pemerintah lebih kuat dan merupakan peraturan bagi perusahaan Amerika serikat.
 
Akuntansi Manajemen dan Perilaku Etis
Semua praktik akuntansi manajemen dikembangkan untuk membantu manajer memaksimumkan laba. Namun tujuan ini harus dibatasi dengan persyaratan bahwa laba diperoleh secara legal dan etis.
 
Perilaku Etis
Perilaku ini melibatkan pemilihan tindakan – tindakan yang benar, sesuai, dan adil. Sepuluh nilai inti yang dimaksudkan ialah :
a. Kejujuran
b. Integritas
c. Kesetiaan
d. Keadilan
e. Kepedulian sesame
f. Penghargaan pada orang lain
g. Kewarganegaraan yang bertanggung jawab
h. Usaha kesempurnaan
i. Akuntabilitas
 
Kode Etik Perusahaan dan SOX
SOX mewajibkan pejabat keuangan perusahaan menaati bentuk kode etik . Namun praktiknya, beberapa perusahaan mengembangkan sendiri kode etik karyawannya. Sehingga kpde etik antar perusahaan bisa berbeda.
 
Standar Perilaku Etis untuk Akuntan Manajemen
Organisasi umumya sudah menetapkan standar etik perilaku untuk manajer dan karyawan. Asosiasi professional juga menetapkan standar etika. Misalkan Institute of Management Accountants ( IMA) telah membuat standar etika untuk manajemen akuntan.
 
Sertifikasi
Banyak sertifikasi yang tersedia untuk akuntan. Dan 3 yang utama ialah Certificate in Management Accounting (CMA), Certificate in Public Accounting (CPA), dan Certificate in Internal Auditing (CIA).
 
CMA
Pada tahun 1974 IMA telah mensponsori sertifikasi baru yang dikenal CMA. Sertifikasi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan Akuntan manajemen. Salah satu syarat untuk mendapatkan CMA ialah lulus kualifikasi yang meliputi :
a. Ilmu ekonomi, keuangan dan manajement.
b. Akuntansi dan pelaporan keuangan.
c. Pelaporan manajemen, analisis dan isu – isu perilaku.
d. Analisis keputusan dan informasi
Tujuan utama CMA adalah membuat akuntansi manajemen menjadi lebih disiplin
 
CPA
CPA adalah sertifikasi yang paling tua dan paling dikenal dalam akuntansi.Tujuan CPA yaitu menyediakan kualifikasi minimal professional bagi auditor eksternal
 
CIA
Faktor pendorong CIA pada tahun 1974 adalah sama dengan penyebab munculnya CMA.

Seperti itulah Akuntansi Manajerial salemba empat yang bisa kami bagikan, semoga menjadi referensi dan pencerah bagi yang mencari makalh ini sebagai tugas dalam kuliah maupun sekolah menengah atas. Terima kasih sudah berkunjung disini.
Share this article :

1 comments:

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger