Kesimpulan Resume Etika Akuntan | Kerozzi

Kesimpulan Resume Etika Akuntan

Dari pembahasan kerozzi tentang materi Kesimpulan Resume Etika Akuntan diatas dapat disimpulkan bahwa persoalan etika merupakan persoalan yang rumit untuk diterapkan dalam kehidupan seorang karyawan khususnya akuntan Jika hal tersebut disandingkan dengan persoalan materi. Sifat manusia yang cenderung merasa kurang hingga kesuksesan merupakan ukuran dari seberapa besar materi yang telah dihasilkan. Maka etika yang seharusnya menjadi dasar dari seorang akuntanpun tak elak juga diabaikan oleh sebagian besar akuntan. Hal ini tentu menjadi fenomena yang sulit untuk diselesaikan.
 
Sejauh ini, dapat dibuktikan bahwa Kekuasaan dan Politik pada dasarnya manusia memang memiliki 2 sifat dalam diri yang selalu bertentangan, yakni sifat egoistic dan sifat altruistic. Sifat egoistic yang berarti mementingkan diri sendiri sedangkan altruistic yang berarti mementingkan orang lain. Jika sifat egoistic dalam diri manusia cenderung lebih besar, maka tidak perlu diragukan bahwa seseorang yang seperti ini merupakan seseorang yang akan berpikir dan berperilaku berdasarkan keuntungan diri sendiri. Segala sesuatu yang dilakukan tentu akan berorientaasi dengan keuntungan pribadi.
 
Yang menjadi persoalan ialah, ketika seorang akuntan memiliki sifat egoistic dan juga memiliki keyakinan bahwa ukuran kesuksesan ialah seberapa banyak hasil atau pendapatan yang ia terima, maka nilai – nilai dari etika tidak akan pernah menjadi pedoman baginya dalam menjalankan kewajibannya sebagai akuntan. Hal tersebut dapat dibuktikan dalam berbagai kasus bahwa banyak perusahaan yang dalam kondisi tidak sehat namun dinyatakan sehat didalam laporan keuangannya.
 
Kesimpulan Resume Etika Akuntan
 

Etika Akuntan

Berbagai kasus yang melibatkan peran serta akuntan didalamnya seharusnya menjadi koreksi diri bagi semua pihak khususnya juga oleh mahasiswa. Karena sebagai bibit – bibit baru akuntan, sudah seharusnya kita menanamkan dalam diri sejak dini bahwa etika sangat diperlukan bagi seorang akuntan. Pemikiran – pemikiran yang cenderung bersifat materialistic harus tersapu dengan pengetahuan – pengetahuan terhadap dasar – dasar etika. Dasar – dasar etika tersebut tentu bisa didapatkan semasa duduk dibangku perkuliahan.
 
Oleh karena itu menurut kami Kesimpulan Resume Etika Akuntan bahwa ujung tombak dari perilaku etis seorang akuntan dapat dibentuk semasa perkuliahan. Mahasiswa yang akan menjadi calon akuntan harus benar – benar dibekali pengetahuan mengenai etika agar terbentuk kesadaran diri dan berperilaku etis dalam menjalankan kewajibannya kelak. Hal yang semacam itu diharapkan dapat membentuk kepribadian calon akuntan sebagai seorang akuntan yang dapat bersifat jujur, altruistic dan menjunjung tinggi nilai etika.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger