Maksud dari Information system Building Block Akuntansi | Kerozzi

Maksud dari Information system Building Block Akuntansi

Selamat siang, Pengetahuan yang akan Kerozzi bagikan pada  kesempatan ini adalah mengenai Maksud dari Information system Building Block, Hubungan SIA dengan SIM serta Akuntansi Perusahaan Manufaktur yang kesemua itu adalah materi akuntansi untuk mahasiswa
 

A. Maksud dari Information system Building Block

Baridwan (1998, h.6), “Sistem akuntansi itu terdiri dari formulir-formulir, catatan-catatan, prosedur dan alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai suatu kesalahan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan-laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usaha-usahanya dan bagi pihak-pihak lain yang berkepentingan seperti pemegang saham, kreditur dan lembaga-lembaga pemerintah untuk menilai hasil operasi”.
Sistem informasi akuntansi terdiri dari unsur-unsur atau komponen yang saling berinteraksi satu dengan lainnya dan membentuk satu kesatuan dalam suatu struktur bangunan system informasi untuk mencapai sasarannya. 
Bangunan system informasi terdiri dari 6 blok yang disebut information system building blok (Cushing, diterjemahkan Ruhiyat Kosasih. 1983 ) yaitu sebagai berikut :
 
- Blok masukan (Input Block)
Blok ini merupakan data yang dimasukkan ke dalam system informasi. Masalah input mencakup metode-metode dan media (umumnya dokumen sumber, source document) untuk menangkap data yang akan dimasukkan ke sistem.
 
- Blok Model proses (Process Block)
Blok model ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data. Data tersebut disimpan di bank-data dengan cara tertentu untuk menghasilkan suatu keluaran yang diinginkan.
 
- Blok keluaran (Output Block)
Hasil dari system informasi adalah keluaran atau output yang merupakan informasi yang berkualitas atau laporan-laporan yang berguna untuk tingkat manajemen dan semua pemakai informasi.
 
- Blok Teknologi (tecnology Block)
Teknologi merupakan “kotakalat (tool-box)” di dalam system informasi. Teknologi berguna untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data. Menghasilkan dan mengirimkan keluaran (output) dan membantu pengendalian dari system secara keseluruhan.
 
- Blok basis Data (Database Block)
Kumpulan dari data yang terkait atau berhubungan secara terpadu satu sama lain. Tersimpan diperangkat keras computer dan digunakan dalam perangkat lunak untuk memanipulasinya. Hal ini merupakan basis data. Data yang ada dalam basis data perlu disimpan untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data tersebut perlu diorganisasikan, supaya menghasilkan informasi yang berkualitas. Organisasi basis data yang juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasi / diolah dengan menggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database Management System).
 
- Blok kendali (Control Block)
Pengendalian-pengendalian perlu diterapkan di dalam system supaya system informasi dapat berjalan sesuai dengan yang seharusnya. Banyak hal yang dapat merusak system informasi, misalnya terjadi salah proses, salah formula, data input yang dimasukkan salah atau disalah gunakan, sistem yang belum teruji sudah dijalankan, system tidak sesuai kebutuhan, terjadinya kecurangan-kecurangan, kegagalan-kegagalan system itu sendiri, kesalahan-kesalahan, ketidak efisienan, sabotase, bencana alam, kebakaran/api, air, temperatur, dan sebagainya. Agar resiko yang dapatmerusak system dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi dapat segera diatasi, perlu dirancang dan diterapkan beberapa pengendalian intern untuk meyakinkan bahwa segala sesuatunya sudah berjalan seperti seharusnya.
 

B. Hubungan SIA dengan SIM

Sistem informasi manajemen berkepentingan dengan penyediaan informasi yang menyeluruh dan terintegrasi untuk membantu pengambilan keputusan bagi berbagai tingkatan manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan. Ditinjau dari hal tersebut, maka system informasi akuntansi merupakan subsistem dari system informasi manajemen. Setiap system informasi akuntansi akan melaksanakan 5 fungsi utamanya yaitu :
 
Ø Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan
Ø Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
Ø Memanajemen data-data yang ada ke dalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
Ø Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga asset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
Ø Sistem informasi akuntansi Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.
 

C. Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur (manufacturing bussines) adalah perusahaan yang kegiatannya membeli bahan baku kemudian mengolah bahan baku dengan mengeluarkan biaya-biaya lain menjadi barang jadi yang siap untuk di jual
Pada akhir periode pada perusahaan manufaktur biasanya terdapat produk yang belum selesai dikerjakan. Produk yang belum selesai dikerjakan dinamakan persediaan barang dalam proses. Sehingga pada perusahaan manufaktur terdapat 3 unsur persediaan, yaitu persediaan bahan baku, persediaan barang dalam proses, dan persediaan barang jadi
Kegiatan khusus dalam perusahaan manufaktur adalah mengolah bahan baku menjadi barang jadi, kegiatan ini sering disebut sebagai proses produksi. Selama proses produksi tentunya dibutuhkan biaya produksi. Biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi dalam proses pengelolahan bahan baku menjadi barang jadi sehingga barang jadi siap untuk dijual.
Terdapat 3 unsur biaya produksi antara lain biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya-biaya lain selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung untuk menyelesaikan barang jadi. Biaya-biaya lain selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung tersebut sering disebut dengan istilah biaya overhead pabrik.
 
Sistem Akuntansi dalam Perusahaan Manufaktur
Kegiatan pokok perusahaan manufaktur terdiri dari:
· desain dan pengembangan produk,
· pengelolaan bahan baku menjadi produk jadi,
· dan penjualan produk jadi kepada pembeli.
Untuk menangani kegiatan pokok perusahaan, umumnya dirancang sistem informasi yang terdiri dari:
 
ü Sistem akuntansi pokok
Unsur Sistem Akuntansi Pokok
 
Unsur Sistem Akuntansi Pokok

Dokumen sumber adalah dokumen yang datanya dipakai sebagai sumber pencatatan ke dalam catatan akuntansi (jurnal dan buku pembantu). Dokumen pendukung adalah dokumen yang menguatkan data yang dicantumkan di dalam dokumen sumber. Kedua dokumen tersebut menjadi dasar pencatatan dalam catatan akuntansi.
 
Berikut ialah system akuntansi yang berkaitan dengan dokumen – dokumen tersebut:
ü Sistem akuntansi piutang
Sistem akuntansi piutang dirancang untuk mencatatat transaksi terjadinya piutang dan berkurangnya piutang.
ü Sistem akuntansi utang
Sistem akuntansi utang dirancang untuk mencatatat transaksi terjadinya utang dan berkurangnya utang.
ü Sistem akuntansi penggajian dan upah
Sistem ini dirancang untuk perhitungan gaji dan upah karyawan serta pembayarannya.
ü Sistem akuntansi biaya
Sistem ini dirancang untuk menangani pengendalian produksi dan pengendalian biaya.
ü Sistem akuntansi kas
Sistem ini dirancang untuk menangani transaksi penerimaan dan pengeluaran kas.
ü Sistem akuntansi persediaan
Sistem ini dirancang untuk menangani transaksi yang bersangkutan dengan mutasi persediaan yang disimpan di gudang.
ü Sistem akuntansi aktiva tetap
Sistem ini dirancang untuk menangani transaksi yang bersangkutan dengan mutasi aktiva tetap.
 

Kerangka Sistem Akuntansi



Kerangka Sistem Akuntansi

Daftar Pusataka
hxxp://syarifhidayat21.blogspot.com/2012/10/pengertian-sistem-informasi-akuntansi.html
hxxp://blog.re.or.id/hubungan-sistem-informasi-akuntasi-sia-dan-sim.htm
hxxp://terpelajar.pun.bz/karakteristik-perusahaan-manufaktur.xhtml
hXXp://ilmuakuntans1.blogspot.com/2013/04/sistem-informasi-akuntansi.html
 
Sekian dari saya tentang pengertian dan Maksud dari Information system Building Block Akuntansi pada kali ini. semoga menjadi referensi untuk anda. baca makalah dan tugas saya yang lain seperti makalah tentang syi’ah dan tentang ilmu akuntansi. terima kasih
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Jika ingin bergabung dengan Kerozzi , silakan klik tombol Follow This Kerozzi's Blog

Ads


supplier Jam tangan murah ziendi shop
 
Support : Google
Copyright © 2013. Kerozzi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger